Cute Tan Bow Tie Pointer -->

Jumat, 10 Oktober 2014

Paskibra:*

Pertamanya gue masuk paskib itu pas SMP. Semua bermula ketika temen gue minta ditemenin masuk Paskibra, tadinya mah gue maunya masuk rohis, tapi pas liat penapilan ekskul Paskibra ketika demo ekskul, yang ada dibenak gue "kok keren ya? gerakannya sigap, sesuai sama lagu (waktu itu nampilin PBB+)" alhasil masuklah gue ke ekskul Paskibra. Pulangnya, anak-anak yang daftar ekskul paskib disuruh ngumpul dulu, ternyata kita disuruh perkenalan sama kakak-kakaknya, dikasih formullir gitu sama dijelasin latihannya itu hari jumat sabtu dan pake celana training sama kaos putih.
Pas hari sabtu, ada perkenalan lagi, ternyata banayk juga yang ikut ekskul Paskibra, ada Tika, Chia, Lia (temen yang ngajak gue ikut ekskul paskib), Riri, Elika, Ina, dll. Waktu pertemuan pertama, diajarin caranya bekumpul, cara ngatur barisan (gue dapet di saf dua, banjar 2 dari banjar paling terakhir-___-), 12 gerakan dasar, begitu terus, sampai seleksi buat upacara 17 Agustus, daaaaannn pada akhirnya gue terpilih juga jadi petugas pembaca teks doa. Pokoknya 17 Agustusan pertama gue pas di SMP itu berkesan banget, ada something happen soalnya pas selesai upacara (gak bisa diceritain, rahasia soalnya hahaha).
Abis 17 Agustusan, kita masih latihan rutin, tapi pas puasa kita gak latihan (yaiyalah-,-) tapi kita tetep dateng ke sekolah soalnya ngebahas tentang buka puasa. Waktu itu bukbernya diadain di rumah kak Ira. Lumayan banyak alumni yang dateng, ada kak Lela, kak Ulfa, kak Nur, dll. Seru bukbernya, soalnya baru pertama kali bukber di luar (selain bukber di sekolah) bareng temen-temen. Selesai bulan puasa, kita latihan rutin lagi sampai kita pelantikan.
Pas pelantikan itu seru, gak nginep sih, cuma dari pagi sampe sore, dibagi jadi beberapa kelompok (gue lupa kelompok gue siapa aja). Waktu di pos apa gitu namanya kita disuruh ngelewatin jaring, tapi gak boleh nyentuh tanah, seru ada yang diangkat-angkat. Sama ada bangku yang dinaikin keatas meja, disitu kita disuruh balik badan, tangannya disilang di depan dada terus merem dan jatuhin badan ke bawah (yaiyalah, kalo ke atas terbang-__-") temen-temen yang lain di bawah baris di bagi 2 dan berhadapan gitu terus pegangan tangan sama temen di depannya, biar kalo yang jatoh itu, jatohnya ke tangan temen-temen kelompoknya. Pas bagian gue, itu gue gaberani banget, ngeri, padahal kata kakaknya kamu percaya aja sama temen kamu, gue udah gemeteran, pas disuruh ngejatohin badan, silangan tangan gue kelepas, alhasil, salah satu kakak kelas 9nya (kak Imel kalo gak salah) pipinya kena tangan gue, udah gitu bunyi lagi. Abis itu gue minta maaf dah sama kakaknya. Siangnya kita ishoma. Selesai ishoma kita lanjutin lagi ke pos yang isinya para alumni, gue ngeri dong ya kok temen-temen gue ada yang sampe nangis. Beruntunglah gue soalnya gue yang masuk terakhir berdua sama temen gue (sebelum-sebelunya sendiri) karena biar cepet soalnya udah rada sore gitu. Selesai dari pos terakhir kita disuruh baris di lapangan belakang, terus adalah sesuatu, dan terakhir kita resmi jadi anggota Paskibra.
Abis pelantikan, masih latihan rutin, begitu terus sampe gue kelas 8. Nah, pas kelas 8 semester 2, alumninya udah rada-rada sibuk sama kuliah dan sekolahnya, jadilah kita latihan sendiri sama senior-seniornya. Begitu terus sampe gue kelas 9, akhirnya alumninya ngajar lagi, kita latihan terus akhir tahun kita lomba, walaupun gak menang, tapi kita semangat terus, akhirnya Paskibra lomba lagi dan kita dapet juara, begitu selanjutnya sampe gue lulus. Dan ketika lulus, kalian tau angkatan gue ada berapa? Empat coy (gue, Chia, Tika sama Inge), iya, kita berempat doang yang bisa bertahan samai lulus SMP. Tapi gapapalah, walaupun berempat tapi kita tetep seneng kok. Kita deket, apalagi gue, Chia, sama Atika, karena kita sekelas juga jadi udah kayak keluarga, sahabatan baik banget.
Pas SMA, jujur aja gue gak mau masuk Paskibra. Tadinya gue maunya masuk ekskul bela diri gitu, kalu gak taekwondo ya silat. Akan tetapi, ujung-ujungnya gue masuk Paskibra juga. Entahlah, gue ngerasa kayaknya jiwa gue tuh di Paskibra. Pas saat gue kelas 10, Paskibra gak begitu aktif, pelatihnya juga dari luar bukan alumni Paskibra SMA gue. Anggotanya pun banyak yang ditarik sama pembina Paskibra, contohnya aja Bayu, Baim sama Yudi. Awalnya sih banyak, tapi angkatan gue yang bertahan sampe gue kelas 11 itu ada 9 orang, tapi walaupun bersembilan, kita deket, kadang suka ngumpul-ngumpul, karena sebagiannya itu temen sekelas gue pas kelas 10 .
Pas gue kelas 11 setelah 17 Agustusan, kita latihan sendiri. Sampe pas semester 2, ada alumni yang dateng dan ngelatih kita, sampai kita lomba (walaupun gak menang), setelah itu kita latihan sendiri, dan pada bulan Mei dateng lagi alumni yang mau ngelatih Paskibra. Nama pelatih Paskibra SMA gue itu kak Nabila (atas saran kak Gufron) Kita dilatih ulang, karena jujur aja gerakan kita masih jauh dari kata bagus. Kita latihan, walaupun ada banyak kendala.
Ketika awal semester baru kita kekurangan orang untuk menjadi petugas 17 Agustus di sekolah, makanya kita ngadain perekrutan sampe jumlahnya cukup buat jadi petugas. Waktu itu buat paskuan bendera kita pake 18 pasukan + 1 danpas. Lumayan sulit karena ruang geraknya terbatas, tapi kita bisa kok. Kalo dipikir-pikir sekarang, gerakannya lumayan gampang (iya, soalnya mikirnya sekarang). Selesai tugas upacara, besoknya kita masih latihan buat demo ekskul.
Pas demo ekskul kita tampilnya lebih baik banget dari tahun sebelumnya, dapet tepuk tangan yang lumayan, karena kita tampil beda dari biasanya, walaupun kurang maksimal, karena ada beberapa kesalahan, dan kita dapet anggota baru sekitar 30 orang. Minggu besoknya kita latihan, di mulai dari perkenalan, terus latihan pbb dasar. Gue udah kenal sebagian anggota baru, karena sebagiannya itu yang jadi petugas 17 Agustus jadi lumayan deketlah. Kita latihan terus sampe pelantikan.
Sayangnya, pas pelantikan, anggotanya berkurang, angkatan gue (angkatan ke-37) tinggal 7 orang, angkatan di bawah gue (angkatan ke-38) 7 orang (juga), angkatan yang baru (angkatan ke-39) 25 orang. Pelantikannya itu, kita nginep di sekolah, dan ngadain pos to pos pas tengah malem hahaha. Waktu itu gue dapet pos mental, di mana itu gelap, cuma ada lilin (walaupun kita bawa senter) yang boleh nyala. Waw banget, seru. Besoknya kita olahraga pagi, games, dan outbound. Selesai outbound kita disuruh lari satu putaran ke luar sekolah, setelah itu kita masih ada games. Abis itu, kita bersihin lapangan, koridor, karena lapangan dan koridornya kotor, sekalian aja kita ngadem (waktu itu tengah hari). Selesai bersih-bersih lapangan sama koridor, gue sama temen gue sempet ketiduran di tempat duduk di depan ruang audio (setengah badan gue, setengan badan temen gue namaya Bayu, di samping bawahnya temen gue namanya Meli tiduran sambil nyenderan di tempat duduk yang gue tidurin). Selesai pelantikan, kita masih harus beres-beres kelas-kelas yang di pakai kira-kira 5 kelas-,- selesai beresin kelas kita pulaaaanggg.
Setelah acara pelantikan, Paskibra masih latihan rutin. Sekitar bulan November, Paskibra latihan untuk lomba di bulan Desember. Waktu itu Paskibra menurunkan 2 tim (angkatan gue gak ikut) dan salah satunya mendapat juara harapan 2 dan variasi formasi terbaik, besoknya juga tim yang menang sebelumnya mengikuti lomba lagi dan mendapat juara 3. Buat kita itu kemenangan bersama, karena kita berjuangnya sama-sama. Awal tahun, Paskibra ngadain jalan-jalan ke puncak, seru banget, rasa kekeluargaannya, kebersamaannya, kekompakannya dapet banget. Mereka udah kaya keluarga buat gue. Apalagi temen-temen seangkatan gue dan seperjuangan gue di Paskibra aka angkatan 37 aka RENOVATIO (Fitria, Meli, Talenta, Baim, Bayu, dan Yudi)
Selesai liburan, Paskibra masih latihan terus karena ada lomba lagi. Pokoknya sampe gue lulus itu, Paskibra SMA gue itu udah ngumpulin 16 piala. Seneng banget^_^.
Pokoknya gue sayang banget sama Paskibra SMP dan Paskibra SMA gue. Mereka udah kayak keluarga buat gue, sayang banget sama mereka. Pokoknya Paskibra ngajarin gue tentang banyak hal Karena itu juga, gue tertarik sama dunia Paskibra. I LOVE PASKIBRA :*

1 komentar:

  1. Cie.. cie.. Ehemehem. Tuh bisa sin;) Yah walaupun kepanjangan sih menurut gue-__-" Tapi, keseluruhan bagus kok. Yaaah, permulaan yg bagus lah sin:D

    BalasHapus